Jumat, 11 April 2014

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pengembangan Kurikulum



1.     Perguruan tinggi
Kurikulum minimal mendapat 2 pengaruh dari perguruan tinggi pertama, dari pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang dikembangkan di perguruan tinggi umum. Kedua, dari pengembangan ilmu pendidikan dan keguruan serta penyiapan guru-guru di perguruan tinggi keguruan ( lembaga pendidikan tenaga kependidikan ). Perkembangan teknologi selain menjadi isi kurikulum, juga mendukung pengembangan alat bantu dan media pendidikan
Kurikulum lembaga pendidikan tenaga kependidikan juga mempengaruhi pengembangan kurikulum, terutama memlalui penguasaan ilmu dan kemampuan keguruan dari guru-guru yang dihasilkannya. Guru-guru yang mengajar pada berbagai jenjang dan jenis sekolah yang ada dewasa ini, umumnya disiapkan oleh LPTK ( IKIP, FKIP, STKIP ) melalui berbagai program yaitu program, D2, D3, dan S1.
2.     Masyarakat
Sekolah merupakan bagian dari masyarakat dan mempersiapkan anak untuk kehidupan di masyarakat. Salah satu kekuatan yang ada dalam masyarakat, adalah dunia usaha. Perkembangan dunia usaha yang ada di masyarakat mempengaruhi pengembangan kurikulum sebab sekolah, bukan hanya mempersiapkan anak untuk hidup, tetapi juga untuk bekerja dan berusaha.
1.        Sistem nilai
Sistem nilai yang akan dipelihara dan diteruskan harus terintegrasikan dalam kurikulum. Masalah utama yang dihadapi para pengembang kurikulum menghadapi nilai ini adalah bahwa dalam masyarakat nilai itu tidak hanya satu. Dalam masyarakat terdapat aspek-aspek social, ekonomi, politik, pisik, estetika, etika, religious dan sebagainya.
Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan guru dalam mengajarkan nilai: 1 guru hendaknya mengetahui dan memperhatikan semua nilai yang ada dalam masyarakat. 2 guru hendaknya berpegang pada prinsip demokrasi, etis dan moral. 3 guru berusaha menjadikan dirinya sebagai teladan yang petut di tiru. 4 guru menghargai nilai-nilai kelompok lain. 5 memahami dan menerima keragaman kebudayaan sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

My Blog List