Selasa, 15 April 2014

Artikulasi dan Hambatan Pengembangan Kurikulum



Artikulasi dalam pendidikan berarti “kesatupaduan dan koordiansi segala pengalaman belajar”. Tanpa artikulasi akan terdapat keberagaman baik dalam isi, metode, maupun perhatian terhadap pengembangan anak.
Untuk menyusun artikulasi, kurikulum diperlukan kerjasama dari berbagai pihak: para administrator, kepala sekolah, TK, sampai rector universitas, guru-guru dari setiap jenjang pendidikan, orang tua, murid dan tokoh-tokoh masyarakat. Salah satu hal yang sering dipandang menghambat artikulasi adalah pembagian menurut tingkat belajarnya. Hal itu menyebabkan tersusunnya organisasi mata pelajaran yang kaku.
Hambatan-hambatan pengembangan kurikulum diantaranya yaitu :
Hambatan pertama terletak pada guru. Hal itu disebabkan  karena kurangnya partisipasi guru yang disebkan oleh kurang waktu, kekurang sesuaian dan karena kemampuan dan pengetahuan guru itu sendiri. Hambatan lain yaitu dari masyarakat. Masyarakat dalah sumber input dari sekolah. Keberhasilan pendidikan, ketepatan yang digunakan membutuhkan bantuan serta input fakta dan pemikiran dari masyarakat.Hambatan lainnya yang dihadapi oleh pengembang kurikulum adalah masalah biaya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

My Blog List