Kamis, 17 April 2014

Evaluasi dan Kurikulum



Hasil-hasil evalusi kurikulum dapat digunakan oleh guru, kepala sekolah dan para pelaksana pendidikan lainnya dalam memahami dan membantu perkembangan siswa, milih bahan pelajaran, memilih metode dan alat bantu pelajaran, cara penilaian serta fasilitas pendidikan lainnya.
            Evalusi kurikulum sukar dirumuskan secara tegas, disebabkan beberapa faktor, yaitu:
1.           Evaluasi kurikulum berkenaan dengan fenomena yang terus berubah.
2.           Objek evalusi kurikulum adalah sesuatu yang berubah-ubah sesuai konsep kurikulum yang digunakan.
3.           Evalusi kurikulum merupakan suatu usaha yang dilakukan oleh manusia yang sifatnya juga berubah.
Evaluasi dan kurikulum merupakan dua disiplin yang berdiri sendiri. Perubahan dalam kurikulum berpengaruh pada evaluasi kurikulum, sebaliknya perubahan evaluasi akan member warna pada pelaksanaan kurikulum. Hubungan antara evaluasi dengan kurikulum bersifat organis, dan prosesnya berlangsung secara evolisioner.
Evaluasi merupakan kegiatan yang luas, kompleks dan terus menerus untuk mengetahui proses dan hasil pelaksanaan system pendidikan dalam mencapai tujuan yang telah ditentukan. Komponen-komponen kurikulum yang dievaluasi juga sangat luas. Program evalusi kurikulum bukan hanya mengevalusi hasil belajar siswa dan proses pembelajarannya, tetapi juga desain dan implementasi kurikulum, kemampuan unjuk kerja guru, kemampuan dan kemajuan siswa, sarana, fasilitas, dan sumber-sumber belajar lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

My Blog List