Menguji
adalah mengevalusi kemampuan individu . Ujian bukan saja menunjukkan nilai
pengetahuan atau kemampuan secara social, tetapi juga telah merupakan peraturan
dari sekolah. Sistem ujian yang mempunyai nilai historis ini juga digunakan
untuk mengontrol efisiensi dari efektivitas pelaksanaan sekolah.
Tiga
tipe evaluasi dalam pendidikan dan kurikulum yaitu: 1.evaluasi birokratif
merupakan suatu layanan yang bersifat unconditional terhadap lembaga-lembaga pemerintahan yang
memiliki wewenang control terbesar dalam alokasi sumber-sumber pendidikan .
Prinsip utama evaluasi birokratif pelayanan (service), penggunaan (utility),
dan efisiensi (efficiency). Evaluasi otokratik merupakan layanan evaluasi
terhadap lembaga-lembaga pemerintah yang mempunyai wewenang control cukup besar
dalam mengalokasikan sumber-sumber pendidikan. Konsep utama evaluator otokratik
adalah evaluasi yang bersifat prinsipil dan bersifat objektif. Evaluasi
demokratik, merupakan layanan pemberian informasi terhadap masyarakat tentang
program-program pendidikan. Konsep utama evaluator demokratif adalah,
kerahasiaan, musyawarah, dan ketercapaian sasaran.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar