Hasil-hasil evalusi
kurikulum dapat digunakan oleh guru, kepala sekolah dan para pelaksana
pendidikan lainnya dalam memahami dan membantu perkembangan siswa, milih bahan
pelajaran, memilih metode dan alat bantu pelajaran, cara penilaian serta
fasilitas pendidikan lainnya.
Evalusi
kurikulum sukar dirumuskan secara tegas, disebabkan beberapa faktor, yaitu:
1.
Evaluasi kurikulum berkenaan dengan
fenomena yang terus berubah.
2.
Objek evalusi kurikulum adalah sesuatu
yang berubah-ubah sesuai konsep kurikulum yang digunakan.
3.
Evalusi kurikulum merupakan suatu usaha
yang dilakukan oleh manusia yang sifatnya juga berubah.
Evaluasi
dan kurikulum merupakan dua disiplin yang berdiri sendiri. Perubahan dalam
kurikulum berpengaruh pada evaluasi kurikulum, sebaliknya perubahan evaluasi
akan member warna pada pelaksanaan kurikulum. Hubungan antara evaluasi dengan
kurikulum bersifat organis, dan prosesnya berlangsung secara evolisioner.
Evaluasi
merupakan kegiatan yang luas, kompleks dan terus menerus untuk mengetahui
proses dan hasil pelaksanaan system pendidikan dalam mencapai tujuan yang telah
ditentukan. Komponen-komponen kurikulum yang dievaluasi juga sangat luas.
Program evalusi kurikulum bukan hanya mengevalusi hasil belajar siswa dan
proses pembelajarannya, tetapi juga desain dan implementasi kurikulum,
kemampuan unjuk kerja guru, kemampuan dan kemajuan siswa, sarana, fasilitas,
dan sumber-sumber belajar lainnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar