Kamis, 13 Februari 2014

Energi Kisi dari Natrium Klorida



Menghitung entalpi pembentukan senyawaan ion padat dari himpunan ion pembentuknya
dalam bentuk gas encer. Untuk pemantapan, mula – mula akan ditinjau contoh yang khas, NaCl. Studi sinar X menunjukkan bahwa atom – atomnya tertata. Bila misalkan bahwa atom – atom pada kenyataannya adalah ion – ion, Na+ dan Cl- , energy tatanan  tersebut dapat di hitung sebagai berikut. Jarak Na+  - Cl- , terpendek disebut r0 . Energi Elektrostatik antara ion – ion bertetangga diberikan, dimana e adalah muatan electron dalam coloumb.


Setiap ion Na+ dikelilingi oleh enam Cl- pada jarak r0 (dalam meter) memberikan suatu energy
 Tetangga – tetangga berikutnya yang terdekat dengan suatu ion Na+ adalah 12 ion Na+ , yang menurut trigonometri sederhana, terletak sejauh . Jadi suku energy lainnya dengan tanda minus karena bersifat menolak, adalah . Dengan mengulangi cara – cara ini diperoleh suku – suku berikutnya.
Bila satu mol (N ion dari setiap jenis, dimana N adalah bilangan Avogadro) natrium klorida terbentuk dari ion – ion gas, energy elektrostatik total yang dikeluarkan dinyatakan oleh:
Hal ini benar karena pernyataan bagi energy elektrostatik bagi satu ion Cl- akan sama dengan bagi satu ion Na+. bila energy elektrostatik dari kedua jenis ion ditambahkan, hasilnya akan dua kali sebesar energy elektrostatik sebenarnya, karena setiap interaksi secara berpasangan harus dihitung dua kali lipat.
Energy elektrostatik yang dinyatakan oleh persamaan diatas, bukanlah energy sebenarnya yang dikeluarkan dalam proses
               Na+ (g) + Cl- (g) = NaCl (s)
Pemisahan kesetimbangan dari Na+ dan Cl- dalam NaCl ditetapkan bila gaya – gaya tarikan tepat diimbangi oleh gaya – gaya tolakan. Gaya tarikan berupa gaya coloumb dan benar – benar mengikuti hukum 1/r2. Gaya tolakan lebih rapuh, dan mengikuti hukum keseimbangan terbaik rn dimana n > 2, dan beragam sesuai dengan jenis ion tertentu. Secara umum dapat dituliskan energy tolakan total per mol pada harga r manapun yaitu
                                                  
Dimana B adalah suatu tetapan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

My Blog List