A.
Manfaat Penelitian
1.
Bagi siswa
a.
Meningkatkan aktivitas dan hasil belajar
siswa.
b.
Mengaktifkan siswa dengan pembelajaran
kooperatif.
c.
Melatih siswa bekerjasama
dalam kelompok nya.
2.
Bagi guru
3.
Bagi sekolah
a.
Hasil penelitian dapat digunakan sebagai
referensi untuk mengembangkan model pembelajaran.
b.
Dapat meningkatkan hasil belajar siswa
sehingga dapat memperbaiki kualitas pembelajaran sekolah.
B.
Ruang Lingkup Penelitian
1.
Variabel Penelitian
Variabel-variabel yang digunakan dalam
penelitian ini adalah:
a.
Variabel bebas
Menurut Sugiyono (2008), variabel bebas
adalah variabel yang mempengaruhi atau yang menjadi sebab perubahannya atau
timbulnya variabel terikat. Variabel bebas dalam
penelitian ini adalah sebagai
berikut :
1)
Model kooperatif learning tipe NHT.
2)
Metode konvensional.
b.
Variabel terikat
Variabel
terikat merupakan variabel yang dipengaruhi atau yang menjadi akibat karena
adanya variabel bebas (Sugiyono, 2008). Variabel terikat dalam penelitian ini
adalah sebagai berikut:
1)
Aktivitas siswa
2)
Hasil belajar siswa pada pokok bahasan
zat aditif dan zat adiktif.
c.
Variabel kontrol
Variabel
kontrol adalah sejumlah gejala atau faktor atau unsur yang dengan sengaja
dikendalikan, agar tidak mempengaruhi variabel bebas dan variabel terikat
(Nawawi, 2007). Variabel kontrol dalam penelitian ini adalah guru.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar