Minggu, 08 Juli 2018

Manfaat dan Ruang Lingkup Penelitian NHT terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa


A.           Manfaat Penelitian
       Manfaat penelitian ini adalah:
1.      Bagi siswa
a.       Meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.
b.      Mengaktifkan siswa dengan pembelajaran kooperatif.
c.       Melatih siswa bekerjasama dalam kelompok nya.
2.      Bagi guru
a.       Dapat memberikan alternatif model pembelajaran sehingga dapat memperbaiki kualitas pembelajaran.
3.      Bagi sekolah
a.       Hasil penelitian dapat digunakan sebagai referensi untuk mengembangkan model pembelajaran.

b.      Dapat meningkatkan hasil belajar siswa sehingga dapat memperbaiki kualitas pembelajaran sekolah.
B.            Ruang Lingkup Penelitian
1.      Variabel Penelitian
     Variabel-variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah:
a.       Variabel bebas
       Menurut Sugiyono (2008), variabel bebas adalah variabel yang mempengaruhi atau yang menjadi sebab perubahannya atau timbulnya variabel terikat. Variabel bebas dalam
penelitian ini adalah sebagai berikut :
1)      Model kooperatif learning tipe NHT.
2)      Metode konvensional.
             b.      Variabel terikat
       Variabel terikat merupakan variabel yang dipengaruhi atau yang menjadi akibat karena adanya variabel bebas (Sugiyono, 2008). Variabel terikat dalam penelitian ini adalah sebagai berikut:
1)      Aktivitas siswa
2)      Hasil belajar siswa pada pokok bahasan zat aditif dan zat adiktif.
c.       Variabel kontrol
       Variabel kontrol adalah sejumlah gejala atau faktor atau unsur yang dengan sengaja dikendalikan, agar tidak mempengaruhi variabel bebas dan variabel terikat (Nawawi, 2007). Variabel kontrol dalam penelitian ini adalah guru.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

My Blog List