Sabtu, 30 November 2013

Manfaat Hati Ayam




          Jumpa lagi teman-teman,,,!
Tema artikel hari ini adalah hati ayam!
Hehe, Makanan Enak tu,,, Bisa jadi sih,,,
Tapi tidak semua orang menganggap hati ayam merupakan makanan yang enak, bahkan menghindarinya, dan banyak diantara mereka menganggap hati ayam merupakan makanan yang berbahaya. Mereka memberikan alasan  seperti berikut “Bukankah hati merupakan tempat untuk menetralisir racun?”, “Jadi , kalo kita makan hati, makan racun juga dong?”. Mungkin pertanyaan itu pernah juga menghinggapi teman-teman, sehingga membuat kalian galau, makan hati ayam ndak ya?. Oke, teman-teman, hanya sampai disini saja ya galaunya,Saya akan memberikan ulasan lengkap mengenai hati ayam, manfaat, khasiat, serta efek negatif yang ditimbulkan akibat mengkonsumsinya secara berlebihan. 
           Hati ayam kaya akan nutrisi, termasuk protein, niasin dan fosfor, yang menjadikannya pilihan makanan sehat.Tinggi akan protein dan folat menjadikan hati ayam penting bagi kesuburan dan membantu mencegah cacat lahir. Kandungan protein turut membantu memperkuat dan merawat kulit, rambut dan jaringan tubuh lainnya, serta memberikan asupan energi (bagi orang yang diet karbohidrat). Bahkan, salah satu jeroan ini merupakan salah satu sumber vitamin A, yang membantu menjaga kesehatan mata.
   
           Selenium yang ditemukan dalam hati ayam telah terbukti memainkan peran penting dalam regulasi hormon tiroid. Nutrisi ini juga membantu mencegah terjadi beberapa jenis kanker dan dapat menjadi 'obat' bagi penderita arthritis atau sindrom kelelahan kronis.Hati ayam termasuk salah satu makanan jantung sehat karena membantu menurunkan kadar kolesterol berbahaya dan meningkatkan kolesterol baik. Vitamin B12 dan zat besi dalam hati juga dapat meningkatkan pertumbuhan sel darah, sehingga amat bermanfaat bagi penderita anemia pernisiosa.
            Memberikan hati ayam sebagai makanan pendamping ASI (MPASI) untuk bayi. Apakah itu aman bila dikonsumsi oleh bayi? Jawabannya adalah iya,tepat sekali, karena hati ayam merupakan makanan bergizi yang sangat bermanfaat bagi pertumbuhan bayi.Hati ayam mengandung banyak zat besi yang sangat penting dalam pembentukan sel darah merah. Di samping itu, hati ayam memiliki bermacam kebaikan bagi tubuh, seperti: vitamin A, B12, C, asam folat, fosfor, dan besi. Hati ayam juga dipercaya mempunyai peran penting dalam perkembangan fungsi otak bayi.
          Namun mengonsumsi hati ayam yang terlalu banyak tidak baik bagi bayi, karena bisa berbahaya. Organ hati merupakan organ penyaring racun dalam sistem pencernaan, akibatnya sangat rentan tercemar zat kimia, pestisida, ataupun racun lainnya. Itulah sebabnya sahabat Ibu Dan Mama harus berhati-hati ketika ingin menjadikan hati ayam sebagai MPASI untuk bayinya.
           Pilihlah hati ayam yang masih dalam keadaan segar secara cermat dan jangan memilih yang sudah berwarna abu-abu. Setelah itu cucilah dengan benar berulang kali hingga bersih dan kemudian rebuslah sampai matang sebelum diolah menjadi MPASI. The Food Standards Agency Amerika menyarankan untuk memasak matang hati ayam untuk membunuh bakteri yang mungkin saja terdapat di dalamnya, sehingga bisa meminimalisir keracunan makanan.  Namun perlu diperhatikan, hati ayam termasuk dalam golongan jerohan yang perlu dihindari bagi yang punya masalah kolesterol, karena kadar kolesterolnya tinggi.
           Setelah kita mengetahui manfaat, khasiat serta beberapa peringatan penting dalam mengonsumsi hati, terutama hati ayam, mari kita konsumsi hati ayam secara teratur , dengan catatan jangan sampai berlebihan dalam mengonsumsinya. Bagi temen-temen yang dulu enggan mengonsumsi hati ayam, cobalah untuk membuka hati , sejenak berkenalan dengannya, lalu makanlah, ndak ada ruginya kok, dan mari kita buktikan dan saksikan khasiatnya bersama-sama.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

My Blog List