Rabu, 05 Maret 2014

Wujud dan Karakteristik Zat



Apa yang teman-teman ketahui tentang zat ? dan apa saja yang termasuk ke dalam zat ? setiap hari kita selalu berhubungan dengan zat. Zat itu sendiri adalah sesuatu yang menempati ruang dan memiliki massa. Benda yang berada disekitar kita termasuk ke dalam zat. Misalnya meja, kursi, air, dan balon. Salah satu sifat zat yang mudah dikenal adalah wujudnya. Berdasarkan wujudnya, gas dibedakan menjadi tiga, yaitu :


A.      Zat Padat
Meja, kursi, bolpoin, pensil dan penggaris merupakan contoh dari zat padat. Zat padat adalah sebuah objek yang cenderung mempertahankan bentuknya ketika gaya luar mempengaruhinya.
Adapun cirri-ciri zat padat dapat diuraikan sebagai berikut :
1.        Memiliki susunan partikel yang teratur dan berdekatan serta terikat kuat oleh gaya antar partikel. Hal ini menyebabkan zat padat memiliki volume yang tetap karena tidak dapat dimampatkan menjadi lebih kecil.
2.        Gerak partikal zat padat tidak bebas, hanya bergetar dan berputar ditempatnya menyebabkan zat padat memiliki bentuk yang tetap. Contohnya, bolpoin yang kita pegang berbentuk bolpoin dan saat kita letakkan di atas meja tetap berbentuk bolpoin dan volumenya juga tetap.
B.       Zat Cair
Zat cair merupakan suatu benda yang menempati ruang sesuai bentuk ruang yang ditempati. Seperti ketika kita menuang air ke dalam gelas, maka air tersebut akan berbentuk gelas tetapi volumenya tetap sama. Mengapa ?
Hal ini terjadi karena jarak antar partikel-partikel penyusun agak berjauhan satu sama lain dan geraknya lebih bebas daripada partikel-partikel zat padat menyebabkan zat cair mengalir.
Adapun ciri-ciri dari zat padat dapat diuraikan sebagai berikut :
1.        Bentuk permukaan benda cair selalu tenang dan datar. Hal ini terlihat pada wadah yang tembus pandang, walaupun wadahnya dimiringkan, permukaan benda cair yang tenang selalu datar.
2.        Dapat menekan ke segala arah.
3.        Dapat meresap melalui celah-celah kecil (kapilaritas), seperti pada tissue yang bagian ujungnya terkena air, maka bagian lain juga akan ikut basah.
4.        Mengalir dari tempat yang tinggi ke tempat yang rendah, seperti pada pergerakan air terjun yang mengalir deras dan jatuh melalui tebing yang curam.
C.      Zat Gas
Gas tidak dapat dilihat tetapi dapat dirasakan, pada umumnya gas tidak berwarna. Contoh dari gas adalah gas yang digunakan untuk mengisi balon.
Adapun cirri-ciri dari zat gas dapat diuraikan sebagai berikut :
1.        Memiliki bentuk yang tidak tetap. Bentuk dari zat gas tergantung dari tempat atau wadah yang menampung zat gas, jika zat gas dimasukkan ke dalam balon, maka zat gas akan membentuk balon tersebut.
2.        Menekan ke segala arah. Jika zat gas ditempatkan dalam sebuah ruang, zat gas akan memberikan tekanan ke segala arah untuk membentuk wadah tersebut. Misalnya saat kita mengisi ban sepeda dengan udara, tekanan yang diberikan udara pada ban akan merata ke segala arah sehingga ban bisa menahan beban di semua bagiannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

My Blog List