Selasa, 11 Maret 2014

Perubahan Wujud Zat




A.      Mencair (Melebur)
Pernahkan kamu melihat batu es? Coba perhatikan baik-baik! Mengapa batu es yang dibiarkan di ruang terbuka lama kelamaan berubah menjadi air? Batu es bisa berubah wujud dari padat menjadi cair karena adanya kenaikan suhu (panas/kalor). Peristiwa perubahan zat padat menjadi zat cair dinamakan mencair atau melebur.
B.       Membeku
Perubahan wujud benda cair menjadi benda padat disebut membeku. Es adalah wujud air dalam bentuk padat. Air dapat membeku jika mengalami penurunan suhu. Umumnya kita menggunakan bantuan alat untuk membekukan air yaitu dengan menggunakan refrigerator. Puncak gunung yang tinggi juga selalu diselimuti oleh salju. Salju tersebut adalah uap air yang membeku.
C.       Menguap
Pernahkan kamu merebus air di dalam ceret (ketel)? Apa yang terjadi jika air dalam ceret dipanaskan terus-menerus hingga mendidih? Air dalam ceret (ketel) lama-kelamaan akan habis. Kemanakah air yang sebelumnya ada di dalam ceret?. Air tersebut menguap menjadi uap air. Uap air panas yang keluar dari mulut cerek tersebut berada di udara, hanya saja mata kita tidak mampu untuk melihat titik-titik uap air yang berada di udara. Peristiwa berubahnya zat cair menjadi gas disebut penguapan. Penguapan terjadi jika ada kenaikan suhu. 
D.      Mengembun
     Mengembun adalah peristiwa perubahan wujud gas menjadi cair. Embun yang kita lihat di pagi hari adalah salah satu contoh dari peristiwa mengembun.
E.       Menyublim
Menyublim adalah peristiwa perubahan zat padat menjadi gas atau sebaliknya. Untuk membedakannya, kamu bisa menggunakan istilah melenyap dan mengkristal. Melenyap adalah peristiwa perubahan wujud padat menjadi gas. Mengkristal adalah perubahan wujud gas menjadi padat. Contoh melenyap dan mengkristal adalah kapur barus ataupun kamfer.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

My Blog List