Senin, 15 Oktober 2018

Pokok Bahasan dan Hipotesis Penelitian


f.       Pokok bahasan Zat aditif dan zat adiktif
     Zat aditif dan zat adiktif merupakan salah satu pokok bahasan yang harus dikuasai siswa kelas VIII berdasarkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) 2006 maupun Kurikulum 2013. Pokok bahasan yang dimaksud dalam penelitian kali ini meliputi:
A.    Zat aditif dan zat adiktif
1.      Pengertian zat Aditif
2.      Macam-macam zat aditif
3.      Zat adiktif dan pengelompokannya

4.      Dampak yang ditimbulkan oleh zat adiktif
F.           Hipotesis Penelitian
   Suryabrata (2010) menyatakan bahwa hipotesis penelitian adalah jawaban sementara terhadap masalah penelitian, yang kebenarannya masih harus diuji secara empiris. Menurut Sugiyono (2008) hipotesis merupakan jawaban sementara terhadap rumusan masalah penelitian, dimana rumusan masalah penelitian telah dinyatakan dalam bentuk kalimat pertanyaan. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa hipotesis merupakan dugaan yang bersifat sementara terhadap pemecahan masalah sehingga untuk menguji kebenaran diperlukan data yang objektif. Hipotesis dalam penelitian ini adalah sebagai berikut:
1.    Terdapat perbedaan aktivitas belajar antara siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperif tipe NHT dengan model konvensional dalam pokok bahasan zat aditif dan zat adiktif di kelas VIII MTs Khulafaur Rasyidin.
2.    Terdapat perbedaan hasil belajar antara antara siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperif tipe NHT dengan model konvensional dalam pokok bahasan zat aditif dan zat adiktif di kelas VIII MTs Khulafaur Rasyidin.

1 komentar:

My Blog List